Kota di Kanada ini miliki air terjun terbanyak di dunia

Merdeka.com – Hamilton adalah kota pelabuhan di Provinsi Ontario. Kota ini juga tenar sebagai daerah industri di Kanada. Tak banyak yang tahu kalau Hamilton juga menjadi rumah bagi puluhan air terjun. Sampai-sampai dijuluki sebagai ‘ibukota air terjun dunia’

Dilansir Amusing Planet, setidaknya ada 100 air terjun di Hamilton yang sudah ditemukan dan diberi nama. Namun hingga saat ini tak ada yang tahu pasti masih ada berapa air terjun lagi yang belum dikenali. Da yang meyakini jumlahnya mencapai 130, ada pula yang percaya di Hamilton ada 150 air terjun.

Air terjun Albion di Hamilton © Flickr/Tom Flemming

Air terjun Sherman di Hamilton © Flickr/John Piercy

Air Terjun Webster’s © Flickr/paul blca

Hamilton memiliki begitu banyak air terjun karena berdekatan dengan sumber air terjun raksasa Niagara. Menurut para wisatawan, air terjun terindah di sana adalah Webster yang mengalir di ketinggian 41 meter, Albion, Tew’s, Tiffany, dan yang terpendek, Little Davis Falls dengan tinggi mencapai 3 meter saja.

Air terjun Upper Princess © Flickr/Joe deSousa

Air Terjun Tew’s, satu dari sekian banyak air terjun di Hamilton © Flickr/John Piercy

Awalnya, warga Hamilton sendiri tidak tahu kalau kota mereka memiliki begitu banyak air terjun. Hanya segelintir saja menjadi tempat rekreasi bagi warga lokal. Pada tahun 2008, Chris Ecklund mendirikan organisasi nirlaba City of Waterfalls yang bertujuan untuk memperkenalkan harta karun alam yang dimiliki kota itu.

Sayangnya, tak sedikit pula air terjun di Hamilton yang kering seiring meningkatnya populasi penduduk dan pembangunan di kota itu. [tsr]