Hadapi macet Pancoran, Dirlantas bilang ‘kita juga capek ngurus kemacetan di sana’

Merdeka.com – Dinas Perhubungan DKI Jakarta resmi melakukan uji coba flyover Pancoran, Jakarta Selatan, sejak Senin (15/1). Hasilnya, Ditlantas melihat ada pengurangan kemacetan di sekitar Jl Gatot Subroto.

Meski demikian, untuk sementara waktu tetap dilakukan rekayasa lalu lintas dari arah Barat sampai pukul 09.00 Wib.

“Ada (pengurangan kemacetan), tapi harus tetap ada rekayasa dari Barat (arah Kuningan) ke Supomo sampai jam 09.00 WIB karena kendaraan dari Pasar Minggu padat,” kata Dirlantas Mapolda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra di Polda Metro Jaya, Jumat (19/1).

Meskipun sudah menurun, Halim mengakui arus lalu lintas yang berada di bawah flyover masih tetap padat. Hal ini karena dampak dari adanya pembangunan yang belum rampung.

“Makanya kita nanti akan undang LRT, Adhikarya, dan Nindya untuk membahas pembangunan di sana. Kita akan panggil karena kita juga capek ngurus kemacetan di sana,” ujarnya.

Lebih lanjut, Halim meminta kepada pemerintah untuk membuat jalan alternatif dan pelebaran jalan di sekitaran flyover Pancoran untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Selain itu, Halim berharap dengan dipercepatnya pembangunan MRT dapat membantu mengurangi kemacetan.

“Mungkin dalam beberapa bulan akan tuntas. Kemarin mereka bilang Februari akan selesai tapi nanti akan kita bicarakan lagi,” jelasnya. [lia]