Jasa Marga: Ganjil genap di tol tak berlaku saat mudik Lebaran 2018

Merdeka.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menegaskan bahwa aturan ganjil genap yang diberlakukan saat ini di ruas-ruas tol milik mereka seperti Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang akan diberhentikan untuk sementara waktu pada saat musim mudik Lebaran 2018 nanti.

BERITA TERKAIT

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani memperkirakan, kebijakan ganjil genap yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak akan diterapkan pada saat pemudik hendak pulang ke kampung halamannya masing-masing.

“Enggak (akan diterapkan), harusnya berubah. Nanti kan yang keluarin aturan Kementerian Perhubungan, tapi logikanya enggak. Kendaraan besar malah sudah dibatasin operasinya, full berhenti selama mudik,” terangnya di Universitas Mercu Buana, Tangerang Selatan, Jumat (20/4).

Namun begitu, dia masih belum bisa memastikan secara detil, kapan kebijakan tersebut disetop sementara waktu pada saat musim mudik ini.

Terkait dampak penambahan waktu libur Lebaran bagi para karyawan, utamanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada saat Lebaran nanti, dia mengatakan, Jasa Marga dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) akan mengadakan rapat dengan beberapa pihak seperti Kepolisian dan Kemenhub di Semarang pada Senin (23/4) mendatang.

Dalam rapat tersebut, mereka akan memprediksi puncak arus mudik akan terjadi kapan, serta kondisi lalu lintasnya seperti apa. “Dan dengan ditambahnya hari (libur Lebaran), puncaknya turun kan? Jadi lebih rata,” tambah dia.

Dia pun memberikan contoh, berbagai proyek konstruksi yang banyak dikerjakan di ruas Tol Jakarta-Cikampek, akan diberhentikan semuanya untuk sementara waktu. Jasa Marga juga akan membuka beberapa area yang dipakai pengerjaan untuk dapat dilalui pada saat mudik.

Ketika ditanya kapan pemberhentian proyek akan mulai dilakukan, Desi menjawab, itu akan mengikuti masa penambahan libur Lebaran yang pemerintah tetapkan. “Sebelum libur ini. Dengan liburnya ditambah, ini kita atur ulang,” pungkas dia.

Reporter:Maulandy Rizki Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]