Risma: Kalau mau Jatim makmur, pilih Gus Ipul-Puti

Merdeka.com – Wali kota Surabaya Tri Rismaharini kembali mengungkap alasannya mendukung Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno. Selain komitmen Gus Ipul-Puti terkait pendidikan gratis, alasan lain yang menguatkan dukungan Risma adalah program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang diusung calon nomor urut 2 tersebut.

BERITA TERKAIT

“Gus Ipul dan Mbak Puti sudah berkomitmen, sudah tanda tangan dokumen program, bahwa ke depan ada program pemberdayaan ekonomi yang akan mengangkat ekonomi keluarga, meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu di kampung-kampung,” ujar Risma usai bersilaturahim dengan relawan dan kelompok lingkungan di Kapas Krampung Plaza, Jumat (22/6/2018).

Risma mengatakan, program yang dikembangkan di Kota Surabaya, yaitu Pahlawan Ekonomi, akan diperluas Gus Ipul-Puti ke seluruh Jawa Timur. Program Pahlawan Ekonomi itu telah berhasil mensejahterakan warga miskin dan kaum perempuan Surabaya. Bahkan, ada warga yang dulu tak punya usaha, kini mempunyai penghasilan Rp 1,5 miliar per tahun.

Risma ketika bersilaturahmi dengan relawan dan kelompok lingkungan 2018 Merdeka.com

Pemberdayaan ekonomi itu lantas dinaungi dalam koperasi-koperasi milik warga. Di Surabaya, koperasi itu berkembang pesat. Misalnya, koperasi Rusunawa Romo Kalisari dari modal awal Rp 10 Juta dalam kurun waktu 3 bulan sudah beromzet Rp 90 Juta. Ekonomi warga pun kian meningkat.

“Bayangkan nanti seluruh Jawa Timur dibikin program seperti itu. Di kampung-kampung, di desa-desa, di pojok-pojok kota seluruh Jatim, semuanya makmur. Pengangguran berkurang. Ibu-ibu sejahtera. Apalagi ada pendidikan gratis dari Gus Ipul dan Mbak Puti, sudah enggak usah bingung lagi mikirin biaya sekolah anak,” jelas walikota yang kerap menyabet penghargaan dunia tersebut.

Dengan 2 alasan itulah, yaitu pendidikan gratis dan pemberdayaan ekonomi, Risma semakin total mendukung Gus Ipul-Puti.

“Aku wis (sudah) ketemu semua orang-orang calon pemimpin itu, dan yang punya komitmen pendidikan gratis dan peningkatan ekonomi rakyat itu cuma Gus Ipul dan Mbak Puti. Ngandel aku ae, aku iki wonge enggak iso mbujuk (sudah percaya sama saya saja, saya ini orangnya tidak bisa bohong),” kata Risma.

“Jadi kalau mau berubah menjadi makmur, ya pilih Gus Ipul dan Mbak Puti nanti tanggal 27 Juni,” tegas Risma. [hhw]