Rapat gabungan KPK, Kejaksaan dan Polri dilanjutkan Senin pekan depan

Merdeka.com – Rapat gabungan Komisi III dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung dan Kepolisian akan dilanjutkan Senin (23/10) pekan depan. Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa mengatakan rapat lanjutan akan membahas soal anggaran pemberantasan korupsi di tiga institusi penegak hukum.

Materi soal anggaran dibahas lantaran ketiga lembaga mengusulkan kenaikan gaji pegawai di masing-masing institusi.

“Jangan sampai, anggaran yang dikeluarkan untuk pemberantasan korupsi berlebihan, tapi hasilnya yang dicapai tidak seperti anggaran yang terlalu besar itu. Malah uang pemasukan ke negaranya kecil,” kata Desmond di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/10).

Selain membahas gaji pegawai, rapat mendatang juga akan membahas tentang fungsi pencegahan dan penindakan dalam pemberantasan korupsi yang dilakukan Kepolisian, Kejaksaan dan KPK.

“Tentunya catatan-catatan pemikiran dari tiga lembaga ini tidak tumpang tindih di antara mereka, agar terkoordinasi, terukur, dalam rangka negara zero corruption tentunya ketiga lembaga ini berkoordinasi dengan baik,” jelasnya.

Desmond menekankan, ketiga institusi penegak hukum itu harus melakukan koordinasi agar bisa menjalankan fungsi penindakan dan pencegahan dalam rangka membuat Indonesia bebas dari korupsi.

“Agar arah kelembagaan mana yang bisa jadi contoh untuk dua tiga lembaga ini sudah melakukan pencegahan dan penindakan yang membuat tercegah, membuat ada efek jera,” tegasnya.

Keputusan rapat hari ini, kata Desmond, Kejaksaan Agung, KPK dan Kepolisian diminta membuat catatan-catatan terkait persoalan yang akan dibahas dalam rapat lanjutan. [bal]